yohanwibisono.com – Penebaran virus corona atau COVID-19 sebagai teror keamanan kesehatan global. Di beberapa negara, limitasi yang diterapkan oleh badan pemerintahan sudah berpengaruh ke kegiatan rutin harian untuk juta-an orang, terhitung pelajar di Indonesia.

Beberapa sekolah dan kampus di wilayah tertentu yang terserang imbas sudah membatalkan belajar bertemu muka dalam kurun waktu tertentu untuk menahan berlangsungnya penebaran COVID-19 di sejumlah daerah.

Lalu, bagaimana nasib evaluasi pelajar sepanjang sekolah diistirahatkan? Dengan tehnologi internet dan piranti pandai, aktivitas belajar mengajarkan sekarang bisa dilaksanakan juga di dalam rumah.

Berikut lima basis online yang bisa digunakan pelajar untuk belajar dalam rumah, seperti diambil dari Di antara.

1. Ruangguru

Ruangguru, buka Sekolah Online Ruangguru Gratis lewat program Ruangguru, sebagai wujud dan usaha Ruangguru dalam menjawab rintangan belajar yang ditemui pelajar-siswi di Indonesia di tengah-tengah genting kesehatan penyakit COVID-19.

Lewat program Sekolah Online Ruangguru Gratis, beberapa pelajar bisa ikuti evaluasi jarak jauh secara online (live teaching) tiap hari Senin sampai Jumat, seperti sekolah seperti umumnya, di program Ruangguru.

Diawali dari Senin, 16 Maret 2020, pelajar dapat ikuti evaluasi Sekolah Online Ruangguru Gratis dari jam 08.00 – 12.00 WIB, di mana akan ada 15 saluran live teaching yang meliputi semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional, dimulai dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dibantu oleh beberapa Master Teachers Ruangguru.

Beberapa pelajar yang tidak bisa ikuti sesion pada pagi hari dapat terhubung rekaman Sekolah Online yang bisa dijangkau di hari yang serupa sesudah jam 12.00 WIB.

Selainnya sarana live teaching, beberapa pelajar terus latih pengetahuannya lewat feature Bank Masalah dan Online Tryout dengan gratis.

Seperti sekolah seperti umumnya, pelajar dapat ketahui apa yang hendak didalami di jam dan hari tertentu lewat perincian agenda evaluasi yang ada di program Ruangguru. Setiap sesion live teaching dalam Sekolah Online Ruangguru, pelajar dapat ajukan pertanyaan dan berunding bersama siswa lain lewat feature live chat.

Ada juga feature set reminder pada program yang bisa mengingati pelajar secara automatis jika sebuah kelas akan diawali pada pukul yang sudah ditetapkan. Bila siswa tidak dapat ikuti kelas dari sejak awalnya, evaluasi di Sekolah Online Ruangguru Gratis bisa dijangkau kembali sesudah sesion keseluruhnya sesion evaluasi usai.

2. Zenius

Zenius Education menggratiskan akses ke video evaluasi di semua platformnya untuk mempermudah akses beberapa pelajar belajar dalam rumah secara berdikari dan menyiapkan diri hadapi Ujian Nasional (UN).

Selainnya bisa dijangkau dengan gratis, sebagian besar video evaluasi didatangkan dengan pola whiteboard yang di-claim membutuhkan paket internet paling irit.

Baca Juga : Universitas Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia

Guru dapat ikut membagi content berbentuk video evaluasi dan latihan masalah itu ke pelajar dan orangtua siswa lewat beragam basis sosial media yang ada, seperti group WhatsApp.

Terhitung sampai Maret 2020, Zenius mempunyai lebih dari 80.000 video evaluasi untuk kelas 1 SD sampai 12 SMA sama sesuai kurikulum nasional.

Bukan hanya video materi yang mengutamakan pengetahuan ide, Zenius sediakan materi latihan masalah dan ulasan kelompok beberapa soal UN.

Selainnya menggratiskan akses ke platformnya, Zenius mempersiapkan tryout online gratis dan diadakan serempak di web dan program Zenius.

Tryout akan balik diselenggarakan di tanggal 26 Maret 2020 untuk gelombang ke-2 , sebelumnya setelah gelombang pertama sudah diselenggarakan pada 13 Maret 2020 kemarin.

3. Quipper

Sebagai usaha untuk memberikan dukungan anjuran dari pemerintahan, perusahaan edutech Quipper menggratiskan Quipper School, basis learning manajemen sistem (LMS) yang tawarkan langkah belajar inovatif dan gampang dipakai bagus untuk beberapa guru atau pelajar.

Dengan memakai Quipper School, guru bisa mengurus materi evaluasi, ujian, dan nilai pelajar. Pelajar juga bisa secara mudah kerjakan tugas rumah dan pekerjaan lewat cara online lewat piranti digital.

Lewat keringanan pemakaian program yang bisa dijangkau lewat web khusus Quipper, diharap service Quipper School yang ada dengan gratis bisa menolong pemerintahan dalam mengatasi imbas dari pandemi COVID-19 di bidang pendidikan.

4. Mahir

Mahir, sebagai salah satunya pemain ‚Äčed-tech di Indonesia, sediakan online basis sebagai alternative aktivitas belajar mengajarkan di Indonesia.

Dengan memakai sistem hubungan dua-arah, yang disokong oleh tehnologi, Mahir meningkatkan jalan keluar service untuk pendidikan, atau umum disebutkan ‚ÄčEducation As A Servis (EAAS).

Ada di Google Play dan App Toko, Mahir berlainan dari basis program yang lain, karena Mahir fokus pada evaluasi bahasa asing, seperti Inggris, Mandarin dan Jepang, yang tawarkan beragam sistem evaluasi.

Pemakai bisa mendatangi kelas yang diharapkan dan pilih tutor/guru favorite dan lakukan hubungan dua arah langsung lewat video call dalam basis.

5. Kipin School

Kipin School 4.0 datang dalam program yang berisi e-book, video, latihan masalah dan bacaan literatur, yang dapat didownload gratis melalui handphone dan tablet berbasiskan android dan iOS, PC yang berbasiskan Windows 10.

Isi app Kipin School 4.0 disebutkan sesuai kurikulum yang diberikan disekolah-sekolah sekarang ini, yaitu 2500 buku pelajaran sekolah dimulai dari SD,SMP,SMA dan SMK. Semua beberapa buku itu diedarkan oleh Kemendikbud.

Disamping itu, ada lebih dari 1000 video evaluasi kelas yang ditampilkan oleh beberapa guru di sekolah dan dihantarkan di kelas-kelas secara sebenarnya, hingga anak-anak yang melihat video di app seakan datang sendiri di kelas.

Ada juga beberapa puluh ribu latihan masalah dari semua pelajaran. Pelajar sesudah belajar dapat coba sendiri penilaian belajar dan nilainya akan ada langsung di handphone yang digunakan.

Ada juga beberapa ratus buku bacaan untuk menambahkan kekuatan literatur pelajar, dan menariknya berbentuk komik berisi mengenai pendidikan moral-budi pekerti, kesehatan dan riwayat.

Bukan hanya untuk mereka yang sudah masuk kursi sekolah, ada pula menu yang ditujukan untuk mereka yang pra-sekolah, berisi 100 buku dan beberapa video evaluasi.