Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu yang paling diminati calon mahasiswa baru, termasuk angkatan 2023. Info sekolah kali ini cocok buat calon mahasiswa yang sedang cari kampus dengan jurusan Ilmu Komunikasi terbaik se-Indonesia.

Tentunya masuk universitas dengan jurusan yang punya peringkat baik akan banyak memberi keuntungan saat proses pembelajaran.  Pastikan untuk persiapkan diri dengan baik, agar bisa masum ke kampus denga  jurusan Ilmu Komunikasi terbaik 2023 versi EduRank berikut.

Universitas Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia

1. Universitas Airlangga

Sejak tahun 2018, Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Airlangga (Unair) telah mendapatkan sertifikasi internasional dari ASEAN University Networking Quality Assessment (AUN-QA). Terdapat dua program peminatan yang dapat dipilih mahasiswa  Ilmu Komunikasi Unair, yaitu Korporat dan Media. Peminatan Korporat meliputi pembelajaran di bidang public relations, komunikasi pemasaran, periklanan, dan komunikasi organisasi. Peminatan Media mempelajari teori dan implementasi media ke bidang-bidang terkait seperti desain grafis, perfilman, hingga jurnalistik.

2. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) menyediakan Program Studi Ilmu Komunikasi untuk jenjang S1, S2, dan S3. Pembelajaran Ilmu Komunikasi di UI terbagi ke dalam program peminatan yang mencakup secara khusus bidang Jurnalisme, Komunikasi Media keluaran sgp hari ini, Hubungan Masyarakat, serta Periklanan. Kalau tertarik mengambil jurusan ini di UI, persiapkan dirimu sebaik mungkin ya karena Ilmu Komunikasi selalu ramai peminat. Pendaftar S1 Ilmu Komunikasi UI mencapai 1.980 orang dengan persentase peserta diterima hanya sekitar 1,5% saja pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

3. Universitas Brawijaya

Saat ini, Universitas Brawijaya (UB) membuka Program Studi Ilmu Komunikasi untuk jenjang S1 dan S2. Sama seperti beberapa kampus lainnya, pembelajaran Ilmu Komunikasi di UB juga dibagi ke dalam beberapa peminatan. Program S1 Ilmu Komunikasi memiliki tiga peminatan yaitu Kajian Media, Manajemen Komunikasi, dan Public Relations. Sementara Program S2 Ilmu Komunikasi mempunyai lima peminatan yakni Riset Kajian Komunikasi, Manajemen Media, Komunikasi Strategis, Komunikasi Bisnis, dan Komunikasi Politik.

4. Universitas Gadjah Mada

Sama seperti UI, Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Gadjah Mada juga nggak pernah sepi peminat. Ada sebanyak 1.804 pendaftar program S1 Ilmu Komunikasi UGM di SBMPTN 2022 dengan persentase peserta diterima sekitar 1,3%. Selain S1, UGM juga membuka program S2 dan S3 Ilmu Komunikasi. Terdapat tiga program konsentrasi yang tersedia di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM yaitu Konsentrasi Media, Konsentrasi Sistem Penunjang Media, dan Konsentrasi Perspektif Media.

5. Universitas Negeri Sebelas Maret

Kurikulum pembelajaran Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai peneliti komunikasi, jurnalis, public relations officer, perencana periklanan, broadcaster, dan konsultan komunikasi. Maka dari itu, UNS menghadirkan empat spesialisasi pembelajaran komunikasi, yaitu Public RelationsAdvertising, Video, serta Radio.

6. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Berdiri sejak tahun 1996, Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil menjadi Program Studi Komunikasi milik perguruan tinggi swasta pertama di Yogyakarta yang mendapatkan akreditasi “Unggul” oleh BAN-PT. Adapun konsentrasi yang disediakan Ilmu Komunikasi UMY adalah Public RelationsBroadcasting, dan Advertising.